Kayangan Api

Kamis, 25 Desember 2014

Kayangan Api

Posted by Unknown at 04.04

GoEastJava | Kayangan Api adalah salah satu obyek wisata populer di Bojonegoro. Terletak di desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem Bojonegoro, Kayangan Api ini merupakan sumber api abadi atau yang tak pernah padam sekalipun.

Api yang keluar di wisata Kayangan Api ini merupakan sumber api alam dan merupakan sumber Api alami terbesar di Asia Tenggara. Saat pengunjung akan menuju lokasi wisata ini, mereka akan terlebih dahulu melewati indahnya hutan jati yang hijau dan rindang. Sesampainya anda di lokasi, akan terdapat gapura dengan jajaran tiang yang akan menyambut.

Masyarakat sekitar meyakini, bahwa tempat ini adalah bersemayamnya Mbah Kriyo Kusumo atau Mpu Supa, yakni seorang pande besi yang biasa membuat alat-alat pertanian dan pusaka. Kubangan lumpur yang berada di sebelah barat Api Kayagan dan berbau belerang dipercaya masyarakat bahwa beliau masih beraktifitas sampai sekarang.

Dengan berbagai macam kepercayaan yang masih berkembang hingga saat ini, membuat tempat tersebut menjadi tempat yang sakral. Api itu hanya boleh diambil jika ada upacara penting seperti yang telah dilakukan masa lalu, seperti upacara Jumenengan Ngarsodalem Hamengku Buwono X dan untuk mengambil api melalui suatu prasyarat yakni selamatan / wilujengan dan tayuban dengan menggunakan fenfing eling-eling, wani-wani dan gandungsari yang merupakan kesukaan mbah Kriyo Kusumo.

Share This Post

Get Updates

Subscribe to our Mailing List. We'll never share your Email address.

 photo cerita.gif
back to top