Gunung Raung

Kamis, 25 Desember 2014

Gunung Raung

Posted by Unknown at 04.34


GoEastJava | Gunung Raung secara geografis terletak di tiga wilayag kabupaten, yaitu Kabupaten Banyuwangi, Jember dan Bondowoso. Gunung yang terletak di ujung timur pulau jawa ini memiliki ketinggian 3.332 Mdpl dan memiliki kaldera kedalaman 500 m.

Gunung Raung merupakan gunung berapi yang masih aktif dan selalu mengeluarkan asap atau bahkan menyemburkan api sesekali. Keeksotisan gunung ini terlihat dari Bali, tepatnya jika kita melihat di pantai Lovina, Singaraja. 

Gunung ini merupakan bagian dari komplek pegunungan Ijen, dimana terdapat gunung Suket, gunung Pendil, gunung Rante, gunung Merapi, dan Kawah Ijen. Bagi anda yang ingin berpetualang menaklukkan gunung Raung, terdapat beberapa rute pendakian yang bisa anda tempuh. Jalur dari arah Bondowoso - Sumber Wringin adalah jalur yang paling sering digunakan. Sedangkan jalur dari Banyuwangi - Bajulmati juga bisa dilalui namun jarang di lewati, karena memiliki medan yang cukup menanjak dan curam.

Pada jalur pendakian, terdapat empat pos pemberhentian dengan nama-nama yang agak sedikit seram-seram dan di ambil menurut sejarah berdirinya pos-pos tersebut, yaitu: Pondok Sumur, Pondok Demit, Pondok Mayit dan Pondok Angin,

Share This Post

Get Updates

Subscribe to our Mailing List. We'll never share your Email address.

 photo cerita.gif
back to top